Daftar isi adalah elemen terpenting dalam
sebuah karya ilmiah, tesis ataupun skripsi. Dari halaman inilah pembaca atau
penguji bakal terbantu ketika mencoba menemukan nomor halaman untuk bahasan
tertentu.
Karena formatnya yang unik, membuat daftar
isi haruslah teliti. Bisa dibuat secara manual tapi dari pengalaman, cara ini
rentan kesalahan. Opsi terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur pembuatan
daftar isi secara otomatis yang akan kita bahas di panduan pemula ini. Tapi
syaratnya, Anda harus mempunyai makalah lengkapnya terlebih dahulu.
- Buka makalah atau skripsi yang
akan dibuatkan daftar isi, kemudian tandai seluruh bab dari bab I sampai
dengan daftar pustaka (hanya babnya saja). Kemudian di menu Home
– Style, klik tanda jarum dan klik Save Selection as a New
Quick Style. Kemudian beri nama Style sesuai keinginan Anda, dan
klik OK/Save.
- Masih dalam posisi heading
tertandai, klik menu References – Add Text – dan beri
tanda pada opsi Level 1.
- Selanjutnya tandai semua sub
heading di makalah Anda, kemudian di menu Home – Styles klik
opsi Heading 2. Jika formatnya berubah, Anda boleh memperbaiknya secara
manual.
- Masih dalam posisi sub heading
tertandai, klik menu Reference – Add Text, kali ini posisikan
ke opsi Level 2.
- Sekarang buatlah sebuah halaman
baru di bagian paling atas dengan heading Daftar Isi, lalu klik menu References dan
jarum kecil di opsi Table of Contents dan klik Insert
Table of Contents.
- Ketika muncul jendela baru,
biarkan pengaturannya seperti default dan klik saja
tombol OK.
- Berikut hasil akhirnya sodara.....!
Anda baru saja berhasil membuat daftar isi
secara otomatis di Microsoft Office Word 2010. Silahkan dicoba lagi bagi yang
belum.